20FIT .CO.ID


Cara Mengukur BMI Anda dengan Mudah dan Cepat

cara mengukur BMI
by

Berapa sih BMI tubuhmu? Sudah ideal atau belum?

Sebelum membahas bagaimana cara mengukur BMI, pahami dulu pengertian dari BMI itu sendiri. BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh adalah angka yang menyatakan perbandingan berat badan (dalam kilogram) terhadap tinggi badan (dalam meter). BMI sendiri bukanlah suatu besaran sehingga tidak memiliki satuan.

Kegunaan dari pengukuran BMI sendiri adalah sebagai salah satu indikator kadar relatif lemak tubuh seseorang yang sudah dewasa dengan usia 20 tahun ke atas. BMI dapat membantu dalam menilai status berat badan seseorang terhadap risiko masalah kesehatan akibat kekurangan atau kelebihan berat badan. Namun, BMI tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis kondisi kesehatan seseorang; hal ini memerlukan pemeriksaan medis oleh dokter terlebih dahulu.

Meskipun bisa memperkirakan lemak tubuh, namun BMI tidak dapat diartikan sebagai persentase yang pasti dari lemak tubuh karena hubungan antara lemak dan BMI dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Wanita lebih mungkin memiliki persentase lemak tubuh yang tinggi dibandingkan pria dengan nilai BMI yang sama. Pada BMI yang sama, orang yang lebih tua memiliki lebih banyak lemak tubuh dibandingkan orang yang lebih muda.

Lalu, bagaimana cara mengukur BMI?

Pertama, ketahui tinggi dan berat badan Anda yang terbaru terlebih dahulu, serta gunakan satuan ukuran dalam kilogram dan meter.

Kedua, ikuti rumus di bawah ini untuk menentukan BMI Anda:

Cara Mengukur BMI

Ketiga, setelah mengetahui angka BMI Anda, silakan lihat status berat badan Anda:

  • Angka BMI < 18,5 artinya berat badan Anda kurang.
  • Angka BMI antara 18,5 – 24,9 artinya berat badan Anda normal atau ideal.
  • Angka BMI antara 25 – 29,9 artinya Anda kelebihan berat badan.
  • Angka BMI > 30 artinya Anda obesitas.

Jika angka BMI Anda terlalu rendah, hal tersebut menunjukkan kalau Anda terlalu kurus, begitu juga sebaliknya. Dua kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan sehingga jika angka BMI Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi, disarankan agar Anda mengubahnya sehingga bisa mencapai kisaran berat badan ideal.

Selamat berhitung dan menjalani hidup sehat!

Natasha R. Sinsoe – Source 1,  Source 2

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *