20FIT .CO.ID


Cara Menghitung Keseimbangan Berat dan Tinggi Badan

Cara Menghitung Keseimbangan Berat dan Tinggi Badan
by

Keseimbangan berat dan tinggi badan seringkali luput dari perhatian banyak orang. Padahal, memiliki berat dan tinggi badan yang seimbang adalah hal yang cukup penting karena dapat mencegah risiko terkena penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Menjaga berat badan agar tetap seimbang dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes.

Menurut WHO, terdapat lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia yang mengalami kelebihan berat badan, dan jumlah ini terus meningkat. Penyebab utama dari terjadinya hal ini adalah melupakan pola diet seimbang, makan tidak teratur, dan tidak berolahraga secara teratur. Padahal ketiga hal tersebut sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh.

Cara mudah untuk menghitung berat badan ideal dan normal bisa dengan menggunakan versi indeks Broca. Psst.. apakah Anda tahu siapa itu Broca? Yuk, berkenalan sebentar.

Broca adalah seorang ahli dalam ilmu antropometri, yang secara literal berarti pengukuran manusia. Antropometri berperan penting dalam bidang perencanaan industri, perancangan pakaian, ergonomik, dan arsitektur. Dalam bidang-bidang tersebut, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. Perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnis dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh. Misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan dan membuat perlunya penyesuaian berkala dari koleksi data antropometrik.

Nah, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengukur keseimbangan berat dan tinggi badan. Yuk, ikuti caranya menghitungnya di bawah ini:

Menghitung Berat Badan Normal

mengukur keseimbangan berat dan tinggi badan

Menghitung Berat Badan Ideal

mengukur keseimbangan berat dan tinggi badan

Sumber: organisasi.org

Dari hasil tersebut, Anda dapat mengetahui tubuh Anda termasuk ke dalam kategori yang mana, sih? Silakan bandingkan hasil penghitungan Anda berdasarkan penggolongan di bawah ini:

  • Underweight = kurang dari 10% dari yang seharusnya
  • Overweight    = lebih dari 10% dan kurang dari 20% dari yang seharusnya
  • Obese               = lebih dari 20% dari yang seharusnya

Bagaimana? Masuk kategori yang manakah tubuh Anda? Sudah seimbangkah berat dan tinggi badan Anda?

Setelah melakukan penghitungan dan mengtahui hasilnya, ada baiknya jika Anda menentukan latihan berdasarkan kategori tubuh Anda. Ingat, underweight bukan berarti Anda tidak memerlukan latihan teratur, lho. Tanyakan pada instruktur olahraga Anda, olahraga apa yang sesuai dan diperlukan tubuh Anda.

Natasha R. Sinsoe – Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *