20FIT .CO.ID


Berat Badan Naik Ketika Anda Berusaha Menurunkannya?

Berat Badan Naik Ketika Anda Berusaha Menurunkannya?
by

Banyak orang berpikir, ketika Anda ingin menurunkan berat badan, maka kuncinya adalah berdiet. Ya, berdiet sering kali diartikan untuk berpuasa dari makanan selama-berjam-jam. Apakah Anda sadar bahwa hal tersebut merupakan cara yang salah? Apa alasannya? Ketika Anda memutukan untuk menahan nafsu makan, maka kebanyakan orang akan balas dendam di waktu makan selanjutnya. Itulah yang justru akan membuat program penurunan berat badan Anda gagal. Untuk itu, coba pahami dua tips menurunkan berat badan berikut ini.

#Tips 1 : Kalori yang Dibakar Harus Lebih Banyak dari Kalori Masuk

Pemahaman tentang kalori harus menjadi langkah pertama bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Dalam istilah sederhana, kalori adalah satuan energi. Alasan Anda untuk membutuhkan makanan adalah karena tubuh Anda memerlukan kalori agar tubuh berfungsi secara optimal.

Banyak orang cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori. Sebaliknya, mereka sangat jarang melakukan latihan yang dapat mempercepat metabolisme tubuh. Akibatnya, mereka terlalu banyak menyimpan energi dalam bentuk lemak. Jika Anda menginginkan turun berat badan, Anda perlu memastikan bahwa Anda mampu memangkas lemak yang tertimbun di tubuh Anda. Satu-satunya cara untuk membakar lebih banyak lemak adalah dengan membakar lebih banyak kalori dari jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Dengan satu jam berjalan dengan kecepatan yang cukup cepat atau sekitar 5km/h mampu membakar setidaknya 145 kalori. Sedangkan satu burger saja mengandung 465 kalori. Hal ini tentunya telah memberikan gambaran bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan yang miskin akan nutrisi (junk food). Untuk itu, ubah kebiasaan Anda untuk mengonsumsi makanan yang tak bernutrisi. Sebaliknya, mulai dari sekarang cobalah untuk beralih ke menu makanan yang sehat. Sebagai rekomendasi, mentimun dan semangkan bisa Anda jadikan menu makan diet Anda. Karena keduanya sedikit mengandung kalori (satu mentimun hanya mangandung 39 kalori dan tinggi nutrisi). Namun, satu yang harus tetap Anda lakukan. Benar, hal tersebut adalah latihan. Bukan hanya kardio saja, melainkan juga harus melakukan latihan angkat beban untuk menjaga tubuh agar tetap proporsional lengkap dengan guratan ototnya.

#Tips 2: Sering Makan Kecil

Dari tips pertama di atas, Anda menyadari bahwa Anda sering tidak sadar berapa banyak makanan yang Anda telah konsumsi. Itulah sebabnya Anda perlu membakar setidaknya 135 kalori dengan hanya satu jam berjalan dengan kecepatan 5km/jam. Tentunya, dengan hal ini Anda sadar bahwa makan yang cukup itu sangat penting.

Anda mungkin berpikir bahwa makan 2 kali per hari akan lebih baik dibandingkan dengan makan 4 kali dalam sehari. Tapi, sayangnya gagasan tersebut salah! Apa yang terjadi ketika Anda makan setelah dengan jarak waktu yang terlalu panjang? Ya, tubuh Anda akan masuk ke mode kelaparan, dan memungkinkan Anda untuk makan secara berlebihan di waktu makan siang atau makan malam. Untuk itulah mengapa Anda sangat perlu untuk sesering mungkin makan dengan porsi yang lebih sedikit. Kebanyakan manusia perlu mengonsumsi hanya 1500-2200 kalori per hari tergantung pada BMI mereka dan berbagai faktor lainnya. Namun, pada akhirnya banyak orang yang memasukkan kalori melebihi ambang batas normalnya.

Ya, hal itulah dua tips terbaik untuk mengendalikan berat badan Anda. Jika Anda menggabungkan antara latihan dan metode diet yang benar, maka hal tersebut akan memungkinkan bagi Anda memiliki bobot tubuh yang ideal.

 

Source : DuniaFitness

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *