20FIT .CO.ID


Batas Aman Konsumsi Kafein

Batas Aman Konsumsi Kafein
by

Untuk beberapa orang, kafein adalah hal yang wajib diminum setiap hari. Tapi tahukah Anda batas aman konsumsi kafein setiap harinya?

Anda ingin terlihat fresh di depan bos Anda saat meeting pagi hari? Atau Anda ingin menghilangkan rasa ngantuk akibat kurang tidur dimalam hari? Melawan ngantuk saat akan presentasi? Tentu jawabannya adalah Anda butuh kafein. Tapi, bagaimana cara mendapatkan efek “segar” dengan seketika taanpa mendapatkan efek jantung berdebar-debar? Sebelumnya mari kita pelajari hal berikut ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Brain Cognition kemampuan proses pikiran Anda akan meningkat ketika Anda mengonsumsi 400mg kafein dalam satu sesi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, perhatikan dua hal penting berikut ini :

1. Perhatikan kandungan yang Anda konsumsi

400 dibagi dengan kandungan dari satu sajian minuman yang Anda konsumsi. Kucek mata Anda dan perhatikan daftar minuman di bawah ini.

Kafein - Batas Aman Konsumsi Kafein

Anda juga bisa mengombinasikan beberapa jenis minuman dalam satu sesi, sekadar untuk melakukan variasi.

2. Hitung waktu minum Anda.

Kafein memerlukan 30 – 45 menit untuk bereaksi. Tapi, karena efeknya akan hilang dalam waktu yang lama, 4 – 6 jam untuk memetabolisme setengah dari jumlah yang Anda konsumsi, maka Anda mungkin perlu menenggak kurang dari 400 mg kafein jika ingin mengonsumsinya di siang hari.

Yang perlu Anda ingat adalah apabila mengonsumsi minuman ini terlalu banyak akan memberikan pengaruh yang tidak baik bagi tubuh Anda. Misalnya, jantung berdebar-debar, gemetaran dan masalah lambung. Jadi berhati-hatilah sebelum mengonsumsi, jangan sampai bukan efek segar yang Anda dapatkan sebaliknya Anda akan sibuk mengurus lambung Anda yang bermasalah di kamar mandi.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *