20FIT .CO.ID


Ayo, Apa Motivasi Diet Anda?

Ayo, Apa Motivasi Diet Anda?
by

Program penurunan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun dokter mengatakan program penurunan berat badan bisa dipastikan gagal tanpa adanya motivasi yang tepat.

dr Dasaad Mulijono, MBBS (Hons), FIHA, PhD, dari Bethsaida Hospital mengatakan motivasi jadi kunci terpenting dalam program penurunan berat badan. Melakukan program dan diet apapun menurutnya tidak akan berhasil jika pasien tidak memiliki motivasi yang kuat.

“Misalnya saya. Saya dokter jantung. Ketika pasien konsultasi dan saya lihat badannya kegemukan, maka akan saya minta turunkan berat badannya. Tapi pasien nggak akan percaya dan bisa malah nggak melakukan kalau saya sendiri gemuk,” tutur dr Dasaad, dalam seminar awam di Bethsaida Hospital, Jl Boulevard Gading Serpong, Banten.

Sebagai dokter jantung, dr Dasaad mengatakan obesitas dan kegemukan merupakan faktor risiko terjadinya serangan jantung pada seseorang. Maka dari itu, ia berusaha menjaga berat badan dengan menjaga asupan kalori dari makanan.

“Kan nggak lucu, nggak keren, masa dokter jantung kena penyakit jantung,” tuturnya seraya tertawa.

Motivasi untuk menurunkan berat badan tak hanya untuk menghindari penyakit. Pada orang dewasa, hal lain juga bisa dilakukan untuk menjadi motivasi. Misalnya keinginan sederhana untuk panjang umur dan melihat anak menikah.

Sementara pada orang yang lebih muda, motivasi diet bisa dikaitkan dengan penampilan. Tubuh gemuk akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan bukan tidak mungkin menjadi bahan ledekan teman.

“Makanya motivasi diet itu penting. Kalau kamu belum menikah tapi badannya gemuk kan nggak pede juga mau dekati lawan jenis, sulit punya pacar cantik,” tutupnya.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *