20FIT .CO.ID


7 Makanan Sehat Penunjang Diet Anda

7 Makanan Sehat Penunjang Diet Anda
by

Menjaga pola makan dan mengatur apa saja yang boleh dimakan dan apa saja yang tidak adalah hal paling penting demi untuk menjaga kesehatan Anda. Karena menjaga pola makan bukan semata-mata untuk tujuan diet dan menjadi kurus. Menjaga pola makan berarti Anda menjaga nutrisi apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh sehingga Anda mendapatkan manfaat yang maksimal. Manfaat maksimal ini selain daya tahan tubuh yang lebih bagus, tubuh Anda pun menjadi lebih bugar dan fit terus sepanjang tahun.

Mau tahu apa saja makanan-makanan yang kandungan gizinya bagus dan baik untuk kesehatan Anda? Yuk simak daftar berikut:

Bayam

Kuat seperti Popeye, itulah yang akan Anda rasakan jika mengonsumsi sayur bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang melimpah. Zat besi ini sangat baik untuk kesehatan rambut anda. Ditambah lagi dengan kandungan folatnya dan banyak senyawa flavonoid yang kaya akan antioksidan.

Alpukat

Buah super ini selain mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang baik untuk Anda, juga mengandung serat yang mengenyangkan perut. Namun, yang perlu Anda ingat adalah tujuan konsumsi Anda. Jika Anda ingin menjaga berat badan Anda, maka Anda harus memperhatikan jumlah alpukat yang Anda konsumsi. Karena kalori satu alpukat hampir setara dengan satu porsi makanan utama, atau sekitar 350 kalori.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki vitamin E, protein, asam lemak omega-3 yang sangat bagus bagi kesehatan jantung, dan juga serat. Namun kacang-kacangan juga tinggi akan kalori. Misalnya satu per empat cangkir kacang almond mengandung 132 kalori. Oleh karena itu penting juga untuk menjaga takaran kacang-kacangan yang Anda konsumsi tiap harinya, khususnya jika Anda juga sedang menjaga berat badan Anda.

Kangkung

Sayuran kangkung memang sangat bermanfaat bagi tubuh, khususnya dalam membantu pembentukan energi tubuh. Kangkung mengandung banyak vitamin A. Bahkan kandungan vitamin A pada kangkung lebih dari setengah dosis vitamin A yang Anda butuhkan tiap harinya. Selain vitamin A, Anda juga bisa mendapatkan vitamin K jika mengonsumsinya.

Salmon

Salmon sudah sangat terkenal sebagai salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Selain karena salmon mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, salmon juga diyakini bisa memperkeci risiko Alzheimer saat Anda sudah berusia lanjut. Selain itu, pada salmon terdapat juga vitamin A, B1, protein, dan juga niacin yang bisa menyehatkan kulit dan rambut.

Brokoli

Brokoli yang seringkali dibenci kebanyakan orang adalah salah satu jenis sayuran yang kaya kalsium dan berguna untuk membantu mengoptimalkan cara kerja tubuh Anda. Brokoli juga sangat bernutrisi khususnya untuk organ mata dan hati. Untuk mengonsumsi brokoli, Anda tidak perlu memasaknya dengan berlebihan seperti ditambahkan butter atau keju dan lain-lain. Anda cukup menumisnya sebentar dengan minyak zaitun dan menambahkan sedikit garam dan brokoli siap Anda santap dengan nikmat dan tentunya bernutrisi.

Jamur

Teksturnya yang seperti daging membuat Anda merasa cukup kenyang jika mengonsumsi jamur. Jika dihitung-hitung, menambahkan jamur pada makanan Anda (terutama yang mengandung daging) bisa mengurangi sekitar 400 kalori lho. Jamur juga bisa mencegah penyebaran sel kanker payudara dengan cara mengatur kadar hormon esterogen pada wanita.

Tentunya selain 7 bahan makanan yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi bahan makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Cara gampang mengetahui bahan makanan mana yang bergizi dan mana yang kurang bergizi tentunya sangat sederhana. Apa pun yang organik dan berasal dari alam, jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat maka akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Dan apa saja bahan makanan sintetis yang dibuat dengan proses kimia atau bahan makanan yang memakai bahan pengawet biasanya kurang bagus untuk kesehatan Anda dan perlu diperhatikan jumlah konsumsi hariannya.

Tapi tentunya, menjaga pola makan perlu diimbangi dengan olahraga teratur tiap minggunya ya. Tidak punya waktu untuk berolahraga? Ah itu cuma alasan. Karena jika berolahraga di 20FIT, Anda hanya perlu meluangkan 20 menit saja dan Anda sudah bisa menikmati hasil yang nyata. Yuk mulai atur kesehatanmu dengan smart dengan menjaga pola makan dan berolahraga rutin mulai sekarang!

Image source: amFitness

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *