20FIT .CO.ID


5 Manfaat Olahraga Air

5 Manfaat Olahraga Air
by

Banyak yang berpikir bahwa olahraga air hanyalah lebih untuk sekedar rekreasi semata. Padahal sesungguhnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktifitas olah raga dengan media air. Apalagi jenis olahraga air juga lebih bersahabat dengan berbagai umur, mulai dari anak-anak, dewasa dan lanjut usia pun bisa melakukannya.

Berikut ini adalah lima manfaat olahraga air yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba

Pertama,  berenang sangat baik untuk melatih otot kaki dan tangan, memberi manfaat bagi kinerja jantung dan mengurangi berat badan pada ibu hamil yang kegemukan (over weight). Disarankan ibu hamil melakukan renang selama 30 menit sehari dan minum air putih setelah 15 menit berenang, dan setelah selesai berenang agar tidak kekurangan cairan.
Kedua, olahraga air mengurangi risiko penyakit kronis.  Olahraga air meningkatkan metabolisme dan juga memberikan nafsu makan yang sehat. Peningkatan metabolisme dan nafsu makan yang baik membuat Anda menjauh dari makan berlebihan dan juga menjaga Anda tetap sehat. Dengan peningkatan energi, tubuh juga mendapatkan imunitas yang meningkat untuk melindungi Anda dari penyakit kronis.
Ketiga, olahraga air bagus untuk jantung.  Mengambang, tanpa melakukan gerakan apapun untuk sementara waktu cukup saja ternyata baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Ini melemaskan otot-otot dan orang-orang dapat menghabiskan banyak waktu berolahraga di dalam air daripada di darat.
Keempat, kesehatan mental yang lebih baik.  Air membuat rileks tubuh Anda. Ini sangat bagus untuk orang yang menderita fibromyalgia karena mengurangi stres dan kecemasan lainnya. Olahraga air seperti bermain dengan bola atau hanya dengan memercikkan air juga membantu mengembangkan hubungan yang kuat bagi anak-anak dengan pertumbuhan yang menantang.
Kelima, dapat menyehatkan mental. Manfaat lain dari olahraga yang dilakukan di air adalah dapat membantu untuk dapat menyehatkan mental. Saat kita masuk ke dalam dinginnya air, kita akan merasakan ketenangan yang ada dalam tubuh kita. Selain itu pikiran kita juga dapat menjadi lebih rileks. Dengan melihat dari ketenangan yang dapat kita rasakan maka,  hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan mental anda. Hal lain yang juga perlu kita perhatikan adalah kita perlu untuk dapat tetap berhati-hati saat sedang melakukan aktivitas dalam air.

Ada baiknya untuk mencoba melakukan olah raga ini di malam hari.  Di negara lain, hal ini sering dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh apalagi kalau berenangnya menggunakan kolam air hangat. Selain itu manfaat berenang di malam hari juga dapat dirasakan pada kulit kita. Kalau siang hari kulit cepat sekali hitam, maka di malam hari karena tidak ada cahaya matahari jadi tidak akan membuat kulit menjadi gelap sehingga dapat membantu Anda menjadi rileks pada saat tidur.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *