20FIT .CO.ID


5 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme

5 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme
by

Pentingkah meningkatkan metabolisme? Metabolisme membantu Anda membakar lemak yang ada pada tubuh Anda. Semakin tinggi metabolisme Anda maka semakin baik pula pembakaran dalam tubuh Anda.

Ketika Anda bertanya kepada orang bagaimana cara meningkatkan metabolisme, kebanyakan akan menjawab dengan bergerak lebih banyak. Lebih jelasnya, Anda perlu memaksimalkan massa otot Anda dan mengurangi asupan kalori dalam tubuh Anda. Selain dari pada hal-hal penting itu berikut 5 cara mudah yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh Anda.

1. Paprika Merah

Menambahkan paprika merah pada makanan Anda dapat mempercepat thermogenesis pada tubuh Anda dan metabolisme akan terasa ‘bergelora’. Taburkan serpihan paprika merah pada hidangan favorit Anda – selain meningkatkan selera makanan tentunya juga metabolisme tubuh Anda.

2. Kualitas istirahat

Jangan pernah meremehkan pentingnya kualitas tidur Anda. Ketika Anda tidur, tubuh Anda beristirahat dan mengalami proses perbaikan. Proses ini sangat penting dalam fase pembentukan otot. Penelitian dari Calorila Utara menungkapkan bahwa kurang tidur dapat menciptakan peningkatan kadar ghrelin yang mengirimkan sinyal ‘lapar’ pada otak Anda.

3. Air putih

Ingin meningkatkan tingkat metabolisme hingga 30%? Minumlah segelas besar air putih. Penelitian dari Jerman menemukan bahwa orang yang meminum 16,9 ons (500 ml) segelas air pada suhu kamar (22 C) memiliki respon termogenik sekitar 23,9 kalori (100 kJ). Mereka menunjukkan bahwa sekitar 40% orang tersebut merupakan hasil yang meminum minuman yang dipanaskan hingga temperatur normal. Minumlah di pagi hari dan sesering mungkin. Dan, kapanpun waktunya, untuk memaksimalkan dorongan metabolisme, minumlah air dingin.

4. Snack pintar

Makanlah enam kali sehari! Penelitian menyebutkan bahwa para atlit yang makan tiga snack berkalori 250 kcal dalam sehari (selain tiga makanan biasa) telah kehilangan lemak, penurunan pasokan kalori harian, dan mendorong metabolisme. Dengan Anda makan setiap 2 atau 3 jam sekali dapat gula darah dan mendorong lebih banyak pembakaran lemak.

5. Lawan penuaan

eorang pria – rata-rata berusia 25 tahun – metabolismenya menurun. Berdasarkan pada klinik Mayo, salah satu alasan penurunan ini dikarenakan oleh faktor usia Anda. Anda akan mulai kehilangan massa otot, akibatnya akan menjadi lebih sulit untuk membakar kalori dan persentase lemak tubuh meningkat. Gunakanlah tangga bukan lift, dan bawa bahan makanan Anda dengan keranjang bukan kereta belanja.

Ingatlah, setiap langkah-langkah kecil sangatlah berharga!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *