20FIT .CO.ID


4 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Lemak dan Otot

4 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Lemak dan Otot
by

Tubuh Anda adalah kompleks. Tanpa arahan dari Anda, tubuh Anda berhasil mengubah makanan menjadi energi, mengatur suhu tubuh Anda, membuat sel-sel baru, membuang limbah, dan melakukan ribuan proses lain untuk membuat Anda hidup dan sehat.

Karena tubuh Anda adalah suatu mesin yang kompleks, banyak kesalahpahaman yang ada tentang cara kerjanya, terutama tentang otot dan lemak. Hal ini membuat sulit untuk mencari tahu apa yang benar dan apa yang tidak. Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang otot dan lemak dalam tubuh Anda.

#1: Otot tidak hanya untuk badan yang kuat

Banyak orang berpikir bahwa otot hanya orang yang ingin menjadi atlet, otot hanya untuk mereka yang ingin menjadi tentara atau polisi agar dapat dengan mudah melawan musuh. Tidak semua orang perlu melawan kejahatan dengan otot, yang semua orang perlukan adalah melawan infeksi yang tiap hari ada disekeliling kita.

Apa hubungan otot dengan infeksi? Cukup banyak sebenarnya.

Protein adalah makronutrien utama yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. Otot terdiri dari air dan protein konten. Ketika tubuh Anda memasuki keadaan stres (menjadi sakit), tuntutan protein tubuh Anda tiba-tiba meroket. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan protein yang diperlukan (terutama ketika Anda sedang diet), maka tubuh akan mengambil dari otot Anda. Jika otot-otot Anda tidak cukup berkembang atau terbelakang, Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk melawan infeksi saat ini dan mungkin lebih rentan untuk penyakit,.

#2. Ada 2 jenis lemak, dan yang satu benar-benar berbahaya.

Kebanyakan orang tahu bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang, tetapi tidak banyak orang tahu apa alasannya. Tapi tidak seperti organ-organ lain di dalam tubuh Anda yang dirancang untuk membantu menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang tepat, kelebihan lemak bekerja untuk sabotase itu.

Menurut Harvard University, lemak, dan khususnya visceral fat pada perut Anda, dapat memiliki efek negatif yang signifikan pada kesehatan Anda. Lemak visceral menyebar beberapa jenis bahan kimia yang disebut sitokin ke dalam tubuh, jenis sitokin yang dipancarkan oleh lemak dapat berakibat serius pada resistensi insulin, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Seiring waktu, lemak visceral dapat mengarah pada pengembangan penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Untungnya, bekerja untuk mengurangi massa lemak dalam tubuh Anda dapat membantu mengurangi beberapa efek berbahaya lemak visceral yang ada.

#3. Otot tidak akan menjadi lemak

Meskipun tubuh Anda adalah mesin luar biasa, tidak ada proses dimana tubuh Anda mengubah otot menjadi jaringan lemak. Banyak orang berkomentar bahwa otot mereka telah berubah menjadi lemak setelah mereka berhenti berolahraga secara teratur.Anda pernah ramping dan berotot, dan sekarang Anda memiliki kurang otot, tapi apa yang sebenarnya terjadi adalah perubahan komposisi tubuh – hilangnya massa otot yang terjadi pada saat yang sama massa lemak meningkat.

#4. Menjadi langsing tidak baik apabila Anda tidak memiliki otot

Banyak orang berfikir bahwa semakin kecil nilai timbangan maka semakin bagus badan seseorang, tapi selama Anda tidak memiliki otot maka Anda badan Anda tetap tidak terlihat semenarik orang yang memiliki otot.

Hanya karena seseorang terlihat seperti model runway tidak berarti mereka sehat. Bahkan, seringkali sebaliknya. Dalam beberapa kasus, orang-orang yang berusaha untuk menjadi kurus – seperti model runway misalnya – menjadi begitu berlebihan, sehingga sangat kurus dan terlihat seperti anoreksia.

Otot tetap diperlukan oleh tubuh, memiliki badan yang langsing dengan jumlah otot yang ideal merupakan kesehatan bagi tubuh Anda. Anda hanya perlu berolahraga dengan giat untuk mendapatkan otot yang ideal dengan komposisi tubuh Anda. Latihan apa saja yang bisa membangun otot Anda dengan maksimal? Dapat Anda liat disini. Dan untuk mengukur jumlah otot dalam tubuh Anda, Anda bisa datang dan mengukur komposisi tubuh Anda di studio 20FIT terdekat.

 Jaga otot Anda dengan baik, sehingga otot Anda akan menjaga Anda pula dengan baik.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *