20FIT .CO.ID


10 Makanan Super Pembentuk Six-Pack

10 Makanan Super Pembentuk Six-Pack
by

Deretan makanan ini akan mengoptimalkan latihan Anda membentuk perut keras dan rata.

Seperti yang telah Anda ketahui, dua komponen utama untuk membentuk perut six-pack  adalah latihan otot abs dan diet. Jika mengesampingkan salah satu komponen itu, usaha Anda takkan maksimal. Bersama dr. Fiastuti Witjaksana, M.Sc, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari FKUI/RSCM, kami sajikan 10 jenis makanan super sebagai menu diet yang akan menopang latihan memahat otot perut Anda.

1. Apel

Dalam satu buah apel ukuran sedang, setidaknya terdapat 5 gram serat yang membuatnya jadi makanan efektif pengganjal perut. Fakta itu diperkuat oleh temuan dalam sebuah eksperimen di Amerika yang menemukan bahwa orang yang makan satu buah apel 15 menit sebelum makan siang akhirnya hanya mengasup 190 kalori lebih sedikit daripada mereka yang langsung menyantap makan siang. Hal ini juga disebabkan karena apel memiliki kandungan air tinggi (85%). Selain itu, saat makan apel, Anda perlu  perlu banyak mengunyah sehingga tubuh merasa seolah-olah sudah banyak makan.
Fakta nutrisi: 1 buah apel mengandung 47 kalori (11,8 gr karbohidrat | 0,4 gr protein | 0,1 gr lemak).

2. Rocket

Sayur rocket – sayuran impor dengan rasa mirip selada air – merupakan makanan ideal jika Anda ingin menurunkan berat badan dan membentuk six-pack. Sayuran campuran salad ini rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan kalsium serta mineral penting untuk fleksibilitas otot. Sayuran ini juga berisi glucosinolates, nutrisi yang dapat membuang racun berbahaya dalam tubuh. Rasa sedikit pedasnya dapat memberikan citarasa yang kuat pada makanan Anda.
Fakta nutrisi: 50 gr sayur rocket mengandung 10 kalori (1,1 gr karbohidrat | 0,7 gr protein | 0,3 gr lemak).

3. Keju cottage

Keju yang satu ini sarat akan kandungan casein, jenis protein yang lambat dicerna dan memberi energi lama. Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa diet tinggi casein dapat meningkatkan metabolisme, membuat kenyang, dan meningkatkan penggunaan lemak sebagai energi secara efektif. Karenanya, keju ini sangat cocok dimakan sebelum tidur untuk mensuplai asupan protein selama tidur sehingga mencegah katabolik otot. Keju ini juga kaya akan kalsium, riboflavin, Vitamin A, B6, B12, selenium, dan glutamine. “Jenis keju ini sangat rendah lemak dan mengenyangkan,” tambah dr. Fias.
Fakta nutrisi: 150 gr keju cottage mengandung 128 kalori (5,1 gr karbohidrat | 21,5 gr protein |2,3 gr lemak).

4. Jeruk bali

Dibanding buah-buahan lain, jeruk bali memiliki beberapa kelebihan. Dalam sebuah studi, orang yang setengah porsi makannya diganti dengan jeruk bali berhasil menurunkan berat badannya sekitar 1,6 kg  dalam 3 bulan. “Penyebabnya, jeruk bali dapat menurunkan level insulin setelah makan,” jelas dr. Fias.
Fakta nutrisi: Setengah jeruk bali mengandung 41 kalori (10,3 gr karbohidrat | 0,8 gr protein | 0,1 gr lemak).

5. Almond

Almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber magnesium, membantu menghasilkan energi, mempertahankan jaringan otot, dan mengatur level gula darah.
Fakta nutrisi: 24 butir almond mengandung 163 kalori (6,1 gr karbohidrat | 6 gr protein | 14 gr lemak).

6. Kacang

Kacang bagus untuk perut Anda karena kaya akan serat, potassium yang berfungsi menyeimbangkan gula darah, protein, dan mineral seng yang penting untuk meningkatkan testosteron. Sebuah survei di Amerika menemukan fakta bahwa orang yang sering makan kacang-kacangan memiliki lingkar pinggang lebih kecil sekitar 23 persen daripada mereka yang jarang memakannya.
Fakta nutrisi: 1 sendok makan penuh kacang-kacangan mengandung sekitar 91 kalori (13,9 gr karbohidrat | 6,4 gr protein | 1,5 gr lemak).

7. Es kopi

Dengan tambahan sedikit gula rendah kalori dan es batu, akan tersaji es kopi nikmat dan banyak manfaat buat Anda. Banyak penelitian telah menemukan bahwa kafein dapat menekan selera makan dan meningkatkan metabolisme. Kafein juga diketahui dapat menekan produksi adenosine – hormon yang membuat Anda merasa lelah dan sakit – dalam otak. Oleh karena itu, kafein dapat membuat Anda berolahraga lebih keras dan lama.
Fakta nutrisi: 1 gelas mengandung 35 kalori (4 gr karbohidrat, 2 gr protein, 1 gr lemak.

8. Minyak zaitun

Anda mungkin mengira Anda harus menghindari minyak bila ingin mengikis lemak. Tapi, asam oleat, sejenis asam lemak tak jenuh, dalam minyak zaitun justru dapat membantu Anda mendapatkan perut sixpack impian Anda. Menurut studi di Amerika yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism, asam oleat dapat menghalangi sinyal lapar ke otak Anda karena minyak ini dikonversi di dalam tubuh menjadi oleoylethanolilamide (OEA). “Tuangkan sedikit minyak zaitun di makanan Anda atau gunakan sebagai dressing salad,” saran dr. Fias.
Fakta Nutrisi: 1 sendok makan minyak zaitun mengandung 40 kalori (0 gr karbohidrat | 0 gr protein | 4,5 gr lemak).

9. Kentang

Kentang adalah makanan yang sangat bagus untuk mengendalikan level gula darah dan membantu tubuh membakar lemak.
Fakta nutrisi: 110 gr kentang mengandung 75 kalori (17,1 gr karbohidrat | 1,7 gr protein | 0,3 gr lemak).

10. Asparagus

Asparagus mengandung chromium yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah Anda dari kelaparan. Asparagus juga mengandung Vitamin K dan Vitamin C, nutrisi penting yang meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium. “Asparagus juga dapat mereduksi kelebihan oestrogen dalam tubuh sehingga membantu tubuh untuk menggunakan cadangan lemak sebagai energi ketika diperlukan,” tambah dr. Fias.
Fakta nutrisi: 4 batang asparagus mengandung 13 kalori (2 gr karbohidrat | 1 gr protein | 0gr lemak).

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *