20FIT .CO.ID


HIIT : Solusi Cepat Menurunkan Berat Badan Tapi Tak Punya Banyak Waktu Olahraga

HIIT : Solusi Cepat Menurunkan Berat Badan Tapi Tak Punya Banyak Waktu Olahraga
by

Ingin menurunkan berat badan tapi tidak punya banyak waktu buat berolahraga? Atau Anda sudah bekerja keras untuk diet dan olahraga secara teratur tapi berat badan tetap tidak berubah? Tenang, saat ini telah ada sebuah metode latihan yang efektif dan efisien untuk menurunkan berat badan Anda. Namanya? HIIT (High Intensity-Interval Training). Dengan waktu olahraga yang sebentar, kamu akan berkeringat seolah sudah berolahraga selama 1 jam.

Apa sih HIIT (High Intensity – Interval Training) itu?

HIIT adalah metode latihan kardio (kardiovaskular) yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan intensitas sedang/rendah dalam selang waktu alias interval tertentu. Latihan kardio dengan metode ini dapat meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber), yang banyak dimanfaatkan oleh atlet non-ketahanan (yang bermain dalam olahraga yang tidak mengandalkan stamina, seperti bowling, golf, dan bela diri) untuk meningkatkan memori otot. Serabut otot cepat juga menambah kecepatan dan kekuatan otot tubuh sehingga akan membuatmu bertambah gesit dan lincah.

Dengan latihan HIIT, lemak kita bakal terbakar lebih cepat dan tubuh six pack tidak lagi menjadi angan-angan kosong.

Latihan dengan intensitas tinggi akan memacu kerja jantung Anda dengan lebih keras, sehingga konsumsi oksigen dalam tubuh Anda ikut meningkat. Seiring dengan konsumsi oksigen yang meningkat, proses metabolisme dalam tubuh juga akan semakin cepat. Konsekuensinya,lemak yang dipakai untuk pembakaran energi menjadi semakin banyak.

Proses metabolisme yang meningkat ini tidak hanya berlangsung ketika berolahraga lho. Saat kita memasuki jeda (interval) buat istirahat pun, metabolisme kita akan tetap berlangsung cepat.Kondisi tersebut biasa disebut dengan istilah RMR (Resting Metabolic Rate), yang bisa dipicu karena efek konsumsi oksigen yang berlebih ketika kita olahraga tadi. Efek ini bisa bertahan seharian, sehingga kita tidak perlu lagi takut lemak kita kembali.

Manfaat yang dapat kita dapat apa sih?

Dengan latihan yang memicu RMR, kita bisa menurunkan 2% lemak tubuh dalam 2 minggu, mengurangi enzim lemak, memperbaiki metabolisme glukosa dalam darah — alias meningkatkan efisiensi penguraian makanan yang kita konsumsi menjadi energi — sekaligus memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh. Untuk wanita, melakukan metode ini selama 3 kali seminggu selama 10-12 menit saja dapat menjaga kadar lemak dan meningkatkan resistensi insulin.

Sumber : Hipwee

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *