20FIT .CO.ID


Olahraga bagi Ibu Hamil yang Aman

Olahraga bagi Ibu Hamil yang Aman
by

Olahraga bagi ibu hamil dapat menurunkan tingkat stress, mencegah depresi perinatal, dan meredakan kecemasan menjelang persalinan

“Olahraga bagi ibu hamil dapat menyehatkan jantung, memberikan energi yang besar untuk persiapan proses persalinan, dan pemulihan tubuh usai melahirkan,” Kristina Pinto, Ed.D., fitness expert dan penulis buku Fit and Healthy Pregnancy: How to Stay Strong and in Shape for You and Your Baby.

1. Yoga

Pregnant woman doing yoga

Manfaat yoga sangat luar biasa karena dapat menenangkan pikiran dan meregangkan tubuh. “Ini bisa jadi cara yang baik sekali bagi calon mama untuk menjernihkan pikiran, dan menangani setiap kecemasan yang dialami selama kehamilan dan akan memiliki bayi baru. Walau cukup aman, namun tetaplah berhati-hati agar terhindar dari risiko overstretchingpada trimester kedua dan ketiga.

2. Pilates

Pilates melatih koordinasi pernapasan dan gerak tubuh. Olahraga pilates juga aman karena tak akan membuat Anda over stretch, alat-alat yang digunakan pun relatif aman selama tak ada keluhan yang Anda rasakan selama melakukan olahraga ini. Hindari posisi berbaring telentang dan berkonsultasilah dengan instruktur Anda untuk modifikasi posisi yang bisa Anda lakukan selain berbaring telentang.

3. Berenang

Berenang dapat membantu memperkuat otot-otot rahim dan panggul karena dalam berenang sendiri pergerakan di daerah ini cukup banyak. Hal ini akan membantu melancarkan persalinan karena kelenturan dan kekuatan otot rahim dan panggul adalah sangat penting dalam proses persalinan nanti.

4. Jalan Santai

Jalan santai termasuk olahraga yang tidak menguras energi terlalu besar namun memiliki banyak sekali manfaat pada berbagai organ tubuh ibu hamil, antara lain untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu saja, dengan berjalan kaki, jantung akan bekerja lebih aktif dalam menyalurkan suplai darah ke seluruh tubuh termasuk janin yang ada di dalam kandungan. Jalan santai di pagi hari dan di lingkungan yang banyak pohon sangat cocok bagi ibu hamil.

5. Mind The Bump

mind-the-bump

Para calon mama bisa mengikuti kelas Mind The Bump bersama Adianti (certifified pre/post-natal trainer) di Fitstop setiap hari jumat. Untuk info detailnya para calon mama bisa menghubungi Fitstop Senayan (021) 275 19458 – 0812 8019 4816 (Jl. Sinabung Raya No 9)

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *