20FIT .CO.ID


Nyeri Otot Pasca Latihan EMS

Nyeri Otot Pasca Latihan EMS
by

Untuk Anda yang pernah berlatih menggunakan EMS Training pasti bukan hal yang asing bagi Anda merasakan pegal, nyeri di bagian otot Anda sehari atau dua hari setelah Anda berlatih. Biasanya nyeri otot ini terjadi di punggung, tangan, kaki dan perut Anda, tentunya ini otot-otot besar Anda yang di latih saat melakukan latihan.

Tidak perlu khawatir ini merupakan hal yang normal terjadi pada tubuh Anda ketika Anda berlatih menggunakan EMS Training. Mengapa? Karena mesin ini fokus dalam melatih otot-otot besar Anda. Rasa nyeri tersebut merupakan bukti bahwa Anda telah bekerja keras untuk mendorong otot keluar dari zona “nyaman”.

DOMS (delayed onset muscle soreness) adalah rasa pegal dan kaku pada otot yg biasa terjadi dalam jangka waktu 24 sampai 72 jam setelah melakukan latihan. Hal ini diakibatkan karena terjadinya sobekan-sobekan kecil dalam skala micro yg terjadi di dalam otot dan tertimbun nya zat asam laktat dalam tubuh yang di karenakan kurangnya oksigen uptake seseorang. Biasanya DOMS akan hilang dengan sendirinya setelah 72 jam.

Nyeri otot

Rasa tidak nyaman yang Anda alami sehari setelah berlatih merupakan tanda bahwa otot Anda sedang mengalami pemulihan untuk tumbuh lebih besar dan kuat. Ketika Anda melakukan EMS Training, sama seperti ketika seseorang melakukan olahraga dengan beban, otot – otot di tubuh mendapatkan tekanan sehingga jaringan otot akan tersobek. Namun, jangan khawatir karena sobekan pada serat otot adalah hal yang normal terjadi dan tubuh akan secara otomatis memperbaiki serat otot ini dimana otot akan bisa tumbuh lebih kuat dan besar. Bila sudah pulih, otot Anda akan mampu mengangkat beban lebih berat lagi di hari latihan berikutnya.

Nyeri otot ini tidak bisa dicegah. Ini adalah bagian dari proses membangun otot. Jadi apabila Anda mengalami nyeri otot sehabis latihan menggunakan EMS, Anda hanya butuh istirahat yang cukup dan persiapkan diri Anda untuk menghadapi latihan selanjutnya, tentunya setelah Anda beristirahat minimal 72 jam atau 3 hari.

Maksimalkan otot Anda!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *