20FIT .CO.ID


10 Manfaat Olahraga Rutin di Pagi Hari

10 Manfaat Olahraga Rutin di Pagi Hari
by

Pada umumnya, semua orang sudah sangat mengerti betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan. Tapi masih banyak juga dari beberapa orang yang malas untuk melakukan olahraga. Banyak orang berfikir bahwa olahraga hanya untuk pembakaran kalori padahal lebih dari itu olahraga secara rutin akan berdampak pada banyak hal. Menurut penelitian, berikut 10 manfaat olahraga rutin di pagi hari ;

1. Olahraga pagi menunda penuaan.

Dengan berolahraga maka metabolisma tubuh kita akan meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat dan sel-sel tua akan mati dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan saat berolahraga. Oleh karena itu para pakar meyakini bahwa dengan berolahraga membantu kita untuk mengganti sel-sel kita yang sudah tua untuk segera diganti dengan sel yang baru.

2. Terhindar dari stress.

Kurangnya berolahraga membuat kita tidak bersemangat untuk beraktivitas. Saat bekerja akan merasa mudah penat, hingga membuat hubungan social kita terganggu. Menurut analisis pakar bahwa dengan berolahraga dapat meningkatkan kenyamanan kita untukberkomunikasi dengan anggota keluarga, teman hingga pasangan yang hal tersebut bisa menghindarkan orang tersebut menjadi stres.

3. Menghilangkaan rasa sakit kepala.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa rasa sakit kepala atau pusing tersebut terjadi akibat tidur terlalu lama. Karena neurotransmitter (sistem saraf) otak akan terganggu jika kita tidur terlalu lama. Selanjutnya yang terjadi adalah meningkatnya hormon seratonin yang dapat membuat kepala menjadi terasa pusing. Dengan olahraga pagi Anda akan lebih bisa mengatur intensitas tidur.

4. Meningkatkan kecerdasan otak.

Penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang sudah membuktikan bahwa dengan berolahraga dapat meningkatkan memory otak. Mereka meneliti 7 orang yang masih muda dan sehat, dan kemudian 7 orang tersebut di minta untuk berlari selama 30 menit yang dilakukan 3 kali seminggu, olahraga tersebut dilakukan hingga minggu ke 12 atau sekitar 4 bulan. Sebelum melakukan kegiatan rutin olahraga tersebut mereka diminta untuk mengikuti tes berbasis komputer. Kemudian setelah melakukan kegiatan rutin berlari tersebut mereka diminta lagi untuk mengikuti serangkaian tes berbasis komputer. Hasilnya ada peningkatan yang signifikan pada nilai yang menunjukkan tingkat kognitif dari 7 orang tersebut. Bahkan penelitian tersebut juga mengatakan bahwa dengan hasil tersebut menunjukkanadanya peningkatan kemampuan memory otak.

5. Olahraga pagi menyehatkan jantung.

Dengan meningkatnya hormon adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung.

6. Mengurangi obesitas.

Penelitian Lara Carlson, PhD,di American College of Sport Medicine, berhasil menemukan bahwa saat olahraga pagi tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang mampu mengurangi nafsu makan.

7. Meningkatkan semangat.

Olahraga melepaskan hormon yang membuat kita merasa senang, seperti hormon endorfin yang mampu meningkatkan mood dan energy kita, kondisi tersebut dapat berlangsung dari pagi hingga sore hari selama kita beraktivitas.

8. Menjaga ritme tubuh Anda untuk tetap produktif.

Dengan aktivitas olahraga di pagi hari membantu kita menjaga produksi hormon thyroid yang akan mengatur kestabilan ritme jam biologis yang di setting di dalam otak kita. Jika jam biologis kita stabil, ritme kinerja tubuh kita jugaakan tetap harmonis, dengan begitu produktifitas kerja kita akan berjalan lancar.

9. Daya konsentrasi meningkat.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan meningkatnya kemampuan otak saat berolahraga turut memberikan manfaat lain bagi kita, yaitu mampu meningkatkan kekuatan otak sehingga kitalebih mudah berkonsentrasi. Dengan meningkatnya daya konsentrasi kita akan membantu kita lebih waspada dan focus dalam menjalankan aktivitas kita yang padat.

10. Baik bagi penderita diabetes.

Penelitian yang dilakukan pakar berhasil menemukan bahwa dengan berolahraga pagi bisa menurunkan kadar glukosa. Oleh karena para pakar menyakini dengan berolahraga pagi hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

10 manfaat olahraga rutin di pagi hari ini semoga bisa membuat Anda lebih sadar lagi akan pentingnya berolahraga, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja tapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Segala sesuatu yang baik bila dilakukan dengan rutin pasti akan berdampak baik bagi diri kita. Selamat mencoba.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *