20FIT .CO.ID


Jadwal Memahat Otot

Jadwal Memahat Otot
by

Jadwal memahat otot sangat penting bagi Anda yang sedang fokus membentuk badan Anda. Seberapa sering Anda harus berlatih untuk mencapai target latihan Anda?

Tubuh mempunyai mekanisme cerdas yang bisa diprogram. Begitu pula jika Anda ingin membentuk tubuh, tentukan tujuan yang ingin Anda dapatkan dan buat jadwal latihan secara periodik. Di sela-sela jadwal latihan, sisipkan waktu istirahat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Seberapa sering saya harus pergi ke gym setiap minggu?
Frekuensi Anda latihan tergantung dari apa yang ingin Anda capai. Berlatih untuk membangun massa otot membutuhkan jadwal latihan yang berbeda dengan membangun kekuatan, membakar lemak, atau meningkatkan performa berolahraga. Mengetahui tujuan utama latihan adalah dasar kesuksesan latihan Anda.

Mengapa tujuan yang berbeda memerlukan strategi latihan yang berbeda pula?
Perbedaan strategi itu berkaitan dengan lama istirahat antar sesi latihan untuk memulihkan tubuh. Apabila tujuan latihan Anda menjadi lebih kuat dengan mengangkat beban maksimal, maka beristirahatlah tiga hari di antara sesi. Hal itu dikarenakan beban berat, repetisi pendek, dan gerakan seluruh bagian tubuh pada latihan tersebut memberi tekanan yang kuat kepada otot dan saraf. Jadi, kualitas waktu istirahat sangat penting untuk memastikan Anda lebih kuat di latihan berikutnya.

Apa yang harus saya lakukan untuk menambah massa otot?
Latih masing-masing kelompok otot besar dua kali seminggu. Itu berarti Anda harus beristirahat sekitar 48 jam antar latihan untuk bagian tubuh yang sama. Jika Anda menjalankan program latihan terpisah, misalnya Anda melatih otot dada dan punggung dalam satu sesi latihan dan latihan untuk otot kaki di sesi berikutnya, Anda bisa melanjutkan latihan pada hari-hari berikutnya. Dengan catatan, istirahat Anda harus tetap diperhatikan agar otot punya waktu untuk berkembang. Namun, bila Anda melatih setiap otot tubuh setiap kali berlatih, maka batasi latihan Anda menjadi tiga kali seminggu, dengan satu hari istirahat di sela hari latihan.

Bagaimana latihan khusus untuk membakar lemak?
Untuk membakar lemak, lakukan latihan dengan repetisi tinggi, beban sedang, dan istirahat minimal antar repetisi agar denyut jantung tetap tinggi. Sama halnya bila Anda ingin meningkatkan daya tahan otot. Sesi ini tidak menyebabkan banyak kerusakan otot sehingga Anda bisa berlatih lebih sering. Tapi, sebaiknya Anda tetap beristirahat, setidaknya dua hari dalam seminggu.

Bolehkah melakukan latihan lain saat istirahat?
Banyak orang mengira mereka akan lebih kuat bila berlatih lebih sering dan lebih lama. Itu salah! Istirahat sama pentingnya dengan latihan Anda. Otot Anda tidak tumbuh saat di gym karena jaringan otot justru dirusak di sana. Otot memperbaiki diri dan tumbuh lebih besar ketika Anda beristirahat. Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik, konsumsilah makanan berprotein tinggi. Bahkan, jika tujuan latihan Anda untuk mengikis lemak, berlatih setiap hari justru akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan stres sehingga tubuh akan melepaskan hormon kortisol penyebab timbunan lemak. Istirahat juga berfungsi untuk menyegarkan pikiran Anda kembali.

Bolehkah saya melakukan aktivitas saat waktu istirahat?
Anggaplah waktu istirahat sebagai waktu pemulihan.  Jika memang Anda tidak bisa diam saja saat periode istirahat, maka lakukan aktivitas sehari-hari yang tak memerlukan aktivitas otot berlebih. Berenang sangat bagus untuk meredakan tekanan di bahu, lengan, dan dada. Sepeda statis dapat membantu kedua kaki Anda kembali bekerja, setelah sesi berat latihan. Yoga atau pilates juga bisa meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan perut tanpa membebani kelompok otot lainnya.

Fitness For Men

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *