20FIT .CO.ID


Indonesia’s Best Diving Spots

Indonesia’s Best Diving Spots
by

Kepulauan Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di seluruh negeri dengan dunia lain dari keajaiban bawah laut yang menunggu untuk dijelajahi dan penting untuk dilestarikan. Berikut adalah beberapa tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut yang wajib Anda kunjungi!

  • Taman Nasional Laut Bunaken

Indonesia’s Best Diving Spots - taman laut bunaken

Taman laut ini adalah rumah bagi lebih dari 3000 spesies, diantaranya ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain. Jenis moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan tunikates/ascidian.

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

  • Taman Nasional Wakatobi

Indonesia’s Best Diving Spots - wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.

Wakatobi menawarkan air jernih murni dan bioberagam kehidupan bawah laut yang kaya, surga yang benar bagi para penyelam. Wakatobi sendiri dikatakan memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia. Hamparan laut biru. pasir putih. Air jernih. terumbu karang yang masih asli, pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Ini adalah gambar yang mendefinisikan kekayaan dan keindahan Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara, yang telah menjadi surga baru bagi pecinta laut dan penyelam.

  • Raja Ampat

Indonesia’s Best Diving Spots - raja ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik tempat menyelam di dunia. Raja Ampat berada di segitiga terumbu karang dunia, sehingga tidak mengherankan, daerah ini kaya dengan terumbu karang dan spesies ikan yang unik dan langka. Sekali ke tempat ini, selamanya, Anda tidak akan pernah lupa keindahannya. Dari ratusan spesies terumbu karang, ada tujuh spesies temuan terbaru bagi ilmu pengetahuan ditemukan di tempat ini dan tidak pernah ditemukan di daerah lain.

Kegiatan diving dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang begitu mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat. Paling sedikit terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat. 

  • Taman Nasional Komodo

Indonesia’s Best Diving Spots - komodo

Taman Nasional Komodo memiliki beberapa hal yang paling menggembirakan bagi scuba diving di Indonesia. Ini adalah wilayah yang tersapu oleh arus yang kuat dan upwellings dingin, yang diciptakan oleh konvergensi dari Laut Flores yang lebih hangat dan dingin dari Selat Sumba (Selat Sumba) kondisi ini yang membuat laut ini kaya akan plankton dan keragaman yang menakjubkan dari kehidupan laut. Mantra dan paus ditarik di sini untuk memakan plankton selama migrasi mereka dari Samudera Hindia ke Laut Cina Selatan, sementara lumba-lumba juga umum di perairan antara Komodo dan Flores.

  • Liberty Wreck, Bali
Indonesia’s Best Diving Spots - liberty wreck, Bali
Liberty Wreck atau yang disebut juga Tulamben merupakan lokasi penyelaman yang kaya akan biota laut. Termasuk, suasana penyelaman yang cukup merinding dan memompa adrenalin, karena di lokasi ini terdapat bangkai kapal milik tentara Angkatan Laut Amerika Serikat yang bernama Kapal USS Liberty. Hebatnya, lokasi bangkai kapal perang ini begitu mudah dicapai, dan menjadi tempat hunian berbagai ragam ikan, serta biota laut lainnya.
  • Kepulauan Banda

Indonesia’s Best Diving Spots - kepulauan banda

Kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan paling populer di Indonesia untuk para penyelam. Baik pakar dan penyelam pemula akan menikmati diri mereka sendiri di sini, tempat menyelam bervariasi dari laguna yang dangkal antara Bandaneira dan Gunung Api hingga dinding vertikal Pulau Hatta. Di mana pun Anda pergi di sini, Anda akan menemukan pemandangan tropis yang menakjubkan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah, dan beberapa yang paling murni, terumbu karang dunia yang beragam secara biologis.

Selam Scuba masih relatif baru di sini, tapi penyelam perintis tidak harus bekerja keras untuk menemukan sensasi. Kehidupan bawah laut sekitar Ambon dan pulau terdekat Saparua memiliki situs menyelam tingkat atas. Ketika Anda menjelajahi permukaan bawah, Anda akan melihat segala sesuatu dari hiu, kura-kura besar, rombongan NapoleonWrasse, kerapu raksasa, tuna gigi anjing, sinar Mobula, redtooth triggerfish, berbagai spesies ikan paus, lumba-lumba spinner, dan lobster besar, ikan karang dan ikan endemik lepu Ambon.

  • Pulau Rubiah

Indonesia’s Best Diving Spots - Kepulauan rubiah

Sebuah pulau dibagian utara dari Banda Aceh dengan pantai berpohon kelapa megah dan tempat menyelam yang besar. Kota utama pulau ini Sabang (dikenal sebagai kota paling barat di Indonesia) dan dua pantai utama adalah Gapang dan Iboih, yang terletak sekitar 20 km utarabarat dari Sabang. Dari Iboih, Anda dapat mencapai Pulau Rubiah, yang berhutan lebat pulau 100 m lepas pantai yang dikelilingi oleh terumbu karang yang spektakuler yang dikenal sebagai Taman Laut.

  • Kepulauan Gili, Lombok

Indonesia’s Best Diving Spots - Gili, Lombok

Gili yang terdiri dari Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno telah lama menjadi favorit bagi pengunjung dari semua tingkatan diving dan snorkeling. Tidak hanya karang yang indah, anemon, dan ikan yang indah seperti ikan badut yang hidup di antara mereka, Anda juga dapat menemukan kura-kura dan bahkan pari manta.

WhatsNewJakarta

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *