20FIT .CO.ID


Gym Jakarta: Lakukan Peregangan Ketika Berolahraga

olahraga hilangkan stress
tasya@ydigital.asia'
by

Setiap kali Anda berolahraga, baik di rumah atau di salah satu gym Jakarta, stretching atau peregangan penting untuk dilakukan, baik sebelum dan sesudah berolahraga.Faktanya, masih banyak orang mengabaikan kegiatan peregangan padahal hal tersebut memiliki peranan penting dalam meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Dengan melakukan peregangan, Anda akan terhindar dari risiko kecelakaan dan nyeri otot karena Anda telah “memanaskan” tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik dan “mendinginkan” tubuh sesudahnya. Berikut merupakan beberapa manfaat dari melakukan peregangan secara rutin:

  • Meningkatkan kelenturan tubuh
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Mengurangi nyeri punggung bagian bawah
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan kemampuan fisik
  • Mempercepat pemulihan setelah berolahraga
  • Meningkatkan produksi cairan synovial persendian
  • Meningkatkan postur tubuh
  • Meningkatkan kebugaran tubuh

Beberapa studi menyatakan bahwa melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga merupakan hal yang sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri, agar tubuh dapat merasakan manfaat-manfaat yang disebutkan di atas. Yuk, lakukan peregangan dengan beberapa jenis gerakan berikut ini:

1. Chest and Anterior Deltoid Stretch
Menargetkan pada otot dada dan otot bahu, Anda cukup melakukan peregangan ini selama 30 detik dan mengulangnya sebanyak 3-4 kali. Cara melakukannya mudah, kok. Letakkan kedua tangan Anda yang saling berpegangan di belakang punggung kemudian angkat perlahan sampai Anda merasakan kontraksi pada otot dada dan otot bahu.

Gym Jakarta: Peregangan

 

2. Shoulder Joint Stretch
Pegang sebuah handuk dengan kedua tangan kemudian angkat perlahan ke atas hingga melewati kepala Anda. Tahan selama 30 detik pada posisi paling maksimal atau hingga Anda merasakan kontraksi otot bahu. Lakukan peregangan yang menargetkan pada otot bahu ini sebanyak 3-4 kali.

Gym Jakarta: Peregangan

 

3. Stretch Lat
Lakukan stretch lat selama 30 detik sebanyak 3 kali pada setiap tangan. Untuk  melakukan peregangan ini, letakkan satu tangan di belakang kepala Anda kemudian pegang siku tangan kiri dengan tangan kanan; demikian sebaliknya. Perlahan, tekan siku tangan ke dalam hingga Anda merasakan kontraksi otot lat.

Gym Jakarta: Peregangan

 

4. Groin Stretch
Ketika melakukan groin stretch, Anda akan merasakan kontraksi pada pangkal paha, glutes, paha belakang, dan punggung bawah. Anda cukup duduk di lantai dengan kedua telapak kaki saling bersentuhan. Pegang masing-masing pergelangan kaki, lalu buka perlahan kedua kaki Anda sambil menarik tubuh ke depan hingga seperti membungkuk. Lakukan peregangan ini sebanyak 3-4 kali.

Gym Jakarta: Peregangan

 

5. Quadriceps Stretch
Peregangan ini membutuhkan sebuah kursi atau benda lain yang kuat sebagai alat bantu Anda. Berdiri dan angkat kaki kanan Anda ke belakang hingga tumit kaki menyentuh bokong. Tahan selama 30 detik ketika Anda memegang telapak kaki, lalu tarik ke dalam hingga batas maksimal kemampuan Anda atau sampai Anda merasakan kontraksi pada otot paha depan. Lakukan quadriceps stretch sebanyak 3-4 kali pada masing-masing kaki.Gym Jakarta: Peregangan

 

6. Hamstring Stretch
Duduk dan bentangkan kedua kaki Anda hingga membentuk huruf V. Pegang salah satu ujung jari kaki kemudian turunkan tubuh Anda sembari menarik jari kaki. Saat Anda merasakan kontraksi pada paha belakang, tahan posisi tersebut selama 30 detik dan lakukan sebanyak 3 kali untuk masing-masing kaki.

Gym Jakarta: Peregangan

 

7. Calf Stretch
Anda bisa menggunakan tembok untuk menopang tubuh Anda ketika melakukan calf stretch. Berdiri dengan salah satu kaki di depan kemudian tekuk kaki depan dan tahan kaki belakang agar tetap lurus dan kedua telapak kaki tetap rata dengan permukaan. Tekuk hingga Anda merasakan kontraksi pada otot betis kaki belakang lalu tahan selama 30 detik. Cukup lakukan peregangan ini sebanyak 3-4 kali untuk setiap kaki.

Gym Jakarta: Peregangan

 

Nah, setelah Anda mengetahui manfaat dan jenis-jenis peregangan, tak ada alasan lagi untuk melewatkan sesi peregangan sebelum dan sesudah memulai olahraga. Yuk, segera kunjungi gym Jakarta seperti 20FIT! Dengan konsep 20 minutes training-nya, Anda dapat merasakan hasil yang lebih maksimal secara efisien. Happy stretching and working out at your favourite gym Jakarta!

 

Natasha R Sinsoe – Source 1 & 2

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *