20FIT .CO.ID


Fitness Indonesia: 8 Manfaat Fitness Bagi Kesehatan

Fitness Indonesia: 8 Manfaat Fitness Bagi Kesehatan
by

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa program fitness, terutama fitness Indonesia, semata-mata hanya ditujukan untuk mengencangkan otot dan membentuk badan. Anggapan tersebut tidak salah, namun masih banyak lagi manfaat fitness yang bisa Anda capai, baik untuk pria dan wanita, yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika selama ini Anda masih meragukan manfaat fitness bagi kesehatan tubuh, simak uraiannya berikut ini:

1. Pembakaran Lemak

Sekecil apapun waktu atau porsi latihannya, lemak pasti akan terbakar saat kita beraktivitas, terutama berolahraga. Latihan kardio memang dapat membakar lemak  lebih banyak dan lebih cepat ketimbang latihan lainnya. Maka dari itu, latihan kardio sering menjadi prioritas utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, latihan mengangkat beban yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam sepekan selama dua bulan juga bisa membakar lemak setidaknya 3,5 pounds.

2. Meningkatkan Kebugaran dan Kekuatan Fisik

Dengan menjalankan program fitness secara teratur, Anda dapat meningkatkan kebugaran sehingga tidak mudah lelah atau mengantuk dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Selain itu, Anda akan mengalami perubahan besar dalam kekuatan fisik. Jumlah massa otot yang terus bertambah akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengangkat beban. Nah, terbukti kalau fitness tidak hanya melulu mengenai keinginan membentuk badan menjadi kekar dan seksi, kan?

3. Mengurangi Risiko Penyakit

Turunkan berbagai risiko penyakit, seperti jantung dan diabetes dengan menjalani beberapa program fitness yang sederhana. Rutin mengikuti program fitness secara teratur, akan membuat kinerja jantung lebih optimal, diiringi dengan sirkulasi darah yang lancar. Konsentrasi gula darah juga akan semakin seimbang sehingga Anda akan terhindar dari risiko diabetes.

4. Meningkatkan Metabolisme dan Detoksifikasi

Tak perlu lagi khawatir saat menyantap banyak makanan berkalori selama Anda menjalani olahraga secara teratur. Latihan fitness merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan proses metabolisme sekaligus proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dari tubuh. Saat kualitas pernapasan meningkat, kinerja ginjal akan semakin baik sekaligus melancarkan proses detoksifikasi.

Fitness Indonesia: 8 Manfaat Fitness Bagi Kesehatan

5. Mencegah Stress

Jangan biarkan tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari memberikan dampak negatif bagi Anda, bahkan meskipun hanya stres dalam skala kecil. Program fitness dapat membantu Anda mengurangi stres, atau setidaknya menghilangkan risikonya. Stres yang terus ditumpuk dapat menjadi beban pikiran, dan mempengaruhi kesehatan fisik. Untuk itulah Anda memerlukan latihan fitness yang dapat membantu mencegah stres, terutama jika Anda melakukannya secara rutin di gym yang pada umumnya mengusung konsep fun.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Menurunnya daya konsentrasi dan ingatan dipengaruhi oleh usia yang bertambah tiap tahunnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat diatasi dengan menyeimbangkan latihan fisik melalui program fitness. Tubuh yang bugar dan terlatih dengan baik akan terbebas dari risiko penurunan konsentrasi.

7. Hobi yang Menyenangkan Hidup

Fitness juga bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai media untuk berkenalan dengan teman baru, berkumpul, dan berbagi tips kesehatan. Bagi Anda yang memiliki waktu luang untuk fitness, umumnya memiliki banyak teman dan tentu saja komunitas serta pergaulan yang sehat dan bugar.

8. Melatih Pernapasan

Rutin melakukan latihan fitness, membuat Anda memiliki pernapasan yang sangat prima. Saat latihan dengan gerakan yang benar, sistem pernapasan akan terlatih. Ini sebabnya mengapa fitness juga disebut sebagai salah satu cara untuk melatih pernapasan yang sangat dianjurkan oleh para profesional di bidang kesehatan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari fitness yang perlu Anda ketahui. Ayo, terapkan program fitness yang tepat! Berlatihlah secara rutin, disiplin, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Latihan-latihan sederhana akan sangat membantu diri Anda, lho!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *