20FIT .CO.ID


Benarkah Latihan Kardio Buat Perempuan Makan Lebih Banyak?

Benarkah Latihan Kardio Buat Perempuan Makan Lebih Banyak?
by

Banyak orang beranggapan kalau olahraga kardio adalah jenis olahraga paling tepat untuk mengurangi bobot tubuh. Namun, banyak perempuan yang enggan melakukan latihan ini karena dianggap bisa membuat tubuh keletihan, lalu berakhir dengan makan lebih banyak. Benarkah demikian?

Lewat sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Physiology & Behavior, mengungkapkan bahwa latihan kardio ternyata tidak membuat perempuan makan lebih banyak dari biasanya.

Para peneliti melakukan serangkaian eksperimen pada sejumlah responden yang terbagi dalam dua sesi. Sesi latihan pertama dilakukan dengan cara berjalan di atas treadmill, kemudian angkat beban selama beberapa minggu. Selain itu, asupan kalori mereka pun selalu dipantau, terutama usai berolahraga.

Hasilnya, menurut hasil pemantauan, sesaat setelah olahraga, 10 jam dan satu hari kemudian, ternyata jumlah makanan yang dikonsumsi perempuan terbilang tetap stabil, terlepas dari jenis latihan yang mereka lakukan.  Artinya, tidak ada hubungannya antara jenis latihan yang dilakukan dengan jumlah asupan makanan yang meningkat.

Jenis olahraga yang lain, misalnya senam, ternyata juga membakar jumlah kalori yang sama dengan aktivitas non-olahraga yang dilakukan setiap hari, seperti mencuci piring. Ditemukan bahwa kedua aktivitas ini, ternyata tidak membuat Anda makan lebih banyak.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa ternyata perempuan tidak akan makan lebih banyak setelah latihan aerobik dibanding setelah latihan kekuatan.

Kesimpulannya, peneliti beranggapan, jenis latihan olahraga yang Anda lakukan tidak berdampak pada jumlah asupan kalori harian Anda. Jadi jangan takut memilih latihan kardio lagi saat sedang berolahraga. Nah, esok hari, jangan lupa untuk memulai hari dengan olah tubuh agar stamina kerja tetap prima sepanjang hari.

Christina Andhika Setyanti – Womens Health Magazine

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *