20FIT .CO.ID


7 Variasi Latihan Squat Untuk Membentuk Otot

7 Variasi Latihan Squat Untuk Membentuk Otot
by

Latihan squat merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Meskipun terlihat sederhana dan mudah dilakukan, latihan squat mampu membakar lemak, malatih otot, dan membentuk bokong yang indah bagi para wanita. Hampir semua olahraga memasukkan latihan squat ke dalam paket instruksinya untuk dilakukan bersamaan dengan gerakan lainnya.

Latihan squat dikenal adalah gerakan dasarnya, yaitu berdiri, jongkok, lalu berdiri lagi seperti semula. Namun, jika Anda ingin meningkatkan tingkat kesulitannya, Anda dapat melakukan berbagai variasi. Dalam artikel ini, 20FIT akan memperkenalkan variasi latihan squat yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Basic Squat
Latihan squat yang satu ini cukup dikenal dan memiliki gerakan paling sederhana. Anda bisa memulai dengan berdiri tegak, membuka kaki selebar bahu, dan wajah menghadap ke depan. Arahkan tangan ke depan untuk menjaga keseimbangan atau tekuk siku sambil menggenggam jari-jari. Posisikan diri Anda seperti sedang duduk dan perlahan-lahan turun ke bawah lalu kembali lagi ke posisi awal.

Latihan squat - basic squat

2. Squat Jump
Latihan squat jump hampir sama dengan basic squat–dan sama-sama mudah dilakukan. Perbedaannya terletak pada akhir gerakan. Ketika melakukan squat jump, di akhir gerakan Anda tidak hanya berdiri seperti semula setelah jongkok seperti basic squat, namun disertai dengan lompatan.

latihan squat - squat jump

3. Single Leg Squat
Single leg squat membutuhkan keseimbangan yang baik ketika Anda melakukannya. Mulailah dengan berdiri lalu angkat satu kaki ke belakang. Setelah itu, tekuk kaki yang lain sampai posisi tubuh serendah mungkin lalu kembali ke posisi semula.

latihan squat - single leg squat

4. Bulgarian Split Squat
Untuk melakukan gerakan bulgarian split squat, Anda memerlukan sebuah bangku. Lakukan dengan cara berdiri lalu meletakkan bangku di belakang Anda. Angkat satu kaki ke belakang lalu letakkan ujung kaki Anda di atas bangku. Turunkan tubuh Anda dengan membengkokkan kaki seperti pada single leg squat.

latihan squat - bulgarian split squat

5. Pistol Squat
Jika single leg squat dilakukan dengan satu kaki diangkat ke belakang, pistol squat dilakukan dengan satu kaki terangkat lurus ke depan. Anda membutuhkan keseimbangan yang lebih pada latihan squat yang satu ini.

latihan squat - pistol squat

6. Squat Jack
Squat jack sedikit berbeda dari gerakan lainnya karena fokus pada gerakan lompat-lompat kecil, sedangkan lainnya berfokus pada gerakan jongkok. Lakukan dengan memposisikan tubuh pada posisi setengah jongkok lalu melompat kecil sambil melebarkan kaki, lalu lompat kecil sambil mendekatkan kembali kedua kaki.

latihan squat - squat jack

7. Weighted Squat
Gerakan weighted squat dilakukan untuk menaikkan tingkat kesulitan semua variasi latihan squat di atas. Anda cukup menambahkan beban seperti pemberat atau dumbbell ketika melakukan salah satu dari enam latihan squat yang telah disebut di atas.

latihan squat - weighted squat

Demikian 7 variasi latihan squat yang bisa Anda lakukan di rumah. Apabila Anda membutuhkan instruktur untuk melakukan gerakan-gerakan squat dengan tepat, silakan kunjungi salah satu gym jakarta yang terdekat dari lokasi Anda.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *