20FIT .CO.ID


4 Latihan yang Bermanfaat Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

4 Latihan yang Bermanfaat Untuk Memperbaiki Postur Tubuh
by

Bukan hanya membuat penampilan jadi lebih menarik, postur tubuh yang ideal juga punya dampak positif bagi kesehatan. Sebab, tulang belakang merupakan salah satu pusat dari sistem saraf tubuh. Jika saat ini kamu merasa postur tubuhmu kurang tegak, atau ingin menjaganya agar tetap ideal, berikut adalah beberapa latihan yang bisa kamu lakukan.

  1. Plank

Untuk melakukan latihan ini, ambil posisi telungkup menghadap lantai, lalu angkat tubuh ke atas dengan bertumpu pada kedua lengan bawah dan jari-jari kaki. Atur tubuh supaya kepala, punggung, dan kaki berada dalam posisi yang sejajar, lalu tahan pose ini selama 30 detik. Perlahan tapi pasti, tambahkan durasi plank sampai kamu bisa bertahan selama dua menit.

  1. Opposite Arm and Leg Lift

Awali latihan opposite arm and leg lift dengan memposisikan tubuh seperti merangkak dengan kedua lutut, ujung jari kaki, dan telapak tangan menempel pada lantai. Sambil kepala menghadap ke bawah, angkat lengan kiri dan kaki kanan sampai posisi keduanya lurus secara horisontal. Tahan posisi ini selama lima detik sebelum kembali ke posisi semula. Selanjutnya, lakukan gerakan yang sama tapi berganti posisi tangan dan kaki. Ulangi latihan 10-15 kali.

  1. Tabletop Tap-downs

Latihan selanjutnya yang baik untuk memperbaiki postur tubuh adalah tabletop tap-downs. Pertama-tama, baringkan badan dalam posisi telentang dengan kedua lengan seluruhnya menyentuh lantai, lalu angkat kedua paha sampai tegak lurus secara vertikal dan tekuk lutut 90 derajat. Kemudian, turunkan kaki kiri perlahan-lahan sampai ujung jari kaki menyentuh lantai, lalu angkat lagi pelan-pelan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 5-10 kali sebelum berganti kaki.

  1. Straight Leg Raise

Untuk latihan straight leg raise, berbaringlah dalam posisi telentang dengan kaki kiri menekuk dan telapaknya menempel pada lantai. Angkat kaki kanan setinggi 15 cm sambil menjaganya tetap lurus, lalu tahan posisi ini selama lima detik, baru turunkan kaki. Lakukan latihan ini 10-15 kali, kemudian ganti posisi kaki dan ulangi gerakan dengan jumlah yang sama.

Nah, itu dia empat latihan yang baik untuk memperbaiki postur tubuh. Tubuh yang ideal dan fit dalam 20 menit hanya di 20FIT.  Untuk dapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan-latihan di atas secara rutin, ya!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *