20FIT .CO.ID


Sejarah perkembangan pakaian olahraga yang sporty & Stylish

Sejarah perkembangan pakaian olahraga yang sporty & Stylish
by

Pakaian olahraga hadir di era 80-an, ketika sebagian besar orang di kala itu terobsesi dengan senam dan berbagai kegiatan olahraga lainnya. Hasilnya adalah bodysuit, leg warmer, leggings, serta sneakers menjadi barang yang lumrah dikenakan di luar ruang olahraga. Namun apabila kita menoleh lebih jauh ke belakang, cikal bakal pengaplikasian elemen sportswear ke dalam busana kasual telah lebih dahulu diusung oleh desainer asal Italia, Elio Fiorucci.

Pada akhir era ’70-an Fiorruci memperkenalkan celana denim bermaterial spandex yang biasa digunakan sebagai material utama pakaian olahraga, dan memasuki era ’80-an kegilaan akan mengenakan performance wear sebagai busana sehari-hari pun kian mewabah.

Apa yang membedakan activewear dengan pakaian casual biasa?

Pada dasarnya, activewear dirancang secara khusus dengan pilihan material, cutting, serta siluet yang lebih menekankan pada segi fungsi serta sengaja diciptakan seringan dan sefleksibel mungkin demi kenyamanan para pemakainya. Konsep utama dari activewear ini adalah rangkaian pakaian dan aksesori yang dirancang untuk kegiatan olahraga, namun dapat dikenakan di luar kegiatan tersebut.

Activewear pun kemudian berkembang sebagai bagian tak terpisahkan dari everyday staples individu modern, dan kini fashion turut berkontribusi dengan menyumbangkan injeksi estetis sesuai dengan tren terkini. Sehingga saat ini, activewear yang menarik adalah ketika ia mampu menghadirkan perpaduan apik fashion meets function.

Dan di awal era 2000-an, Adidas menyuguhkan sebuah gebrakan dengan menggandeng desainer ternama Stella McCartney dan melansirkan lini Adidas by Stella McCartney. Tak lama berselang, desainer asal Jepang Yohji Yamamoto juga meluncurkan lini bertajuk Y-3 yang begitu sarat akan nuansa gaya sporty dan kemudian berkembang ke ranah activewear.

Dari situlah permintaan akan activewear yang lebih stylish dan mengikuti perkembangan jaman menjadi semakin tinggi. Hasilnya, sportswear dengan sentuhan fashion yang kental pun kian marak bertebaran. Apakah Anda juga salah satu pencinta fashion ini?

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *