20FIT .CO.ID


Turunkan Berat Badan tanpa Olahraga, Bisakah?

Turunkan Berat Badan tanpa Olahraga, Bisakah?
by

Berita baik buat kamu yang mungkin kurang suka olahraga, karena kamu tetap dapat menurunkan berat badan tanpa harus berkeringat. Menurut ahli fisiologi Todd Parker, penurunan berat badan terjadi karena 75-80 persen diet dan 20-25 persen olahraga. Artinya, kamu bisa mengatur pola makanmu sedemikian rupa agar lebih rendah kalori namun penuh nutrisi (protein tanpa lemak, sayuran hijau, dan tanpa makanan yang sudah diproses dan gula) untuk mencapai berat badan yang kamu inginkan.

Jadi, pola makan seperti apa yang bisa kamu terapkan?

Redupkan lampu dan kurangi bising saat makan

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Brain Wansink, Ph.D, orang yang pergi ke restoran siap saji dengan pencahayaan dan alunan musik lembut mengonsumsi 175 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan di restoran dengan cahaya terang dan musik berisik.

Pilih ukuran piring lebih kecil

Konon, saat makan seseorang akan cenderung untuk memenuhi seisi piring. Kalau kamu memiliki kebiasaan yangn sama, coba deh pilih ukuran piring dan sendok yang lebih kecil. Nantinya kamu akan terbiasa.

Timbang berat badan secara rutin

Banyak orang yang kelebihan berat badan nggak mau mengakui kalau mereka bertambah gemuk. Mereka cenderung menghindari timbangan, membeli baju-baju yang longgar, memposisikan diri di bagian belakang saat sedang foto, pokoknya melakukan hal-hal yang membuat tubuh gemuk mereka nggak terlihat. Mengetahui berat badan mungkin nggak membuat kamu langsung bisa menurunkan berat, tapi bisa membuat kamu berhenti menambah berat.

Bikin jurnal makanan

Tulis apa yang kamu makan setiap hari agar kamu jujur dan menyadari benar apa saja yang sudah dikonsumsi.

Tidur cukup

Studi telah membuktikan kalau orang yang kelelahan cenderung untuk makan lebih banyak. Makanya kamu akan merasa lapar ketika ngantuk dan merasa lelah di tengah malam namun tak kunjung tidur. Menurut asisten profesor di Columbia University College of Physycians and Surgeons Marie Pierre St Onge, Ph D, beberapa studi juga membuktikan kalau orang yang kurang tidur memproduksi hormon ghrelin yang menstimulasi nafsu makan.

 

Yang perlu diingat, nggak berolahraga akan membuat tubuhmu kehilangan otot. Jadi, apabila berat badanmu berkurang drastis dalam waktu beberapa bulan atau setahun, tubuhmu akan mulai menggunakan otot untuk energi setelah cadangan lemak habis. Akibatnya, kamu juga akan lebih nggak bertenaga untuk mengangkat sesuatu dan metabolisme tubuhmu akan melambat.

Idealnya memang kita harus mengkombinasikan diet dan olahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Tapi semua itu kembali ke motivasi kamu, ya.

 

Featured image: dailymail.co.uk

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *