20FIT .CO.ID


Tingkatkan Metabolisme Tubuh Lewat Makanan Berikut!

Tingkatkan Metabolisme Tubuh Lewat Makanan Berikut!
by

Metabolisme tubuh setiap orang memang dipengaruhi oleh faktor genetik, tapi kita tetap bisa memaksimalkannya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Iya, beberapa jenis makanan ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh, memicu hormon yang membakar lemak, dan menghilangkan toksin yang membuat tubuhmu susah untuk menurunkan berat badan! Tapi tentu saja nggak semudah itu, karena makanan ini harus kamu konsumsi sebagai bagian dari clean diet. Kalau kamu mengonsumsi kale chip untuk membayar dosa setelah memakan junk food dengan ribuan kalori ya nggak akan ada manfaatnya.

Yuk kita cek makanan apa saja yang bisa membantu kita memaksimalkan metabolisme tubuh!

Kopi

Menurut studi yang dipublikasikan di Physiology & Behavior, laju rata-rata metabolisme tubuh orang yang mengonsumsi kopi 16 persen lebih tinggi daripada orang yang meminum kopi dekafeinasi. Dengan catatan, kopi yang kamu minum adalah kopi hitam ya karena penambahan susu mengurangi potensinya untuk membakar lemak.

Lentils

Tubuh kita memerlukan zat besi agar bisa melakukan proses pembakaran kalori secara efektif. Zat besi memfasilitasi alur oksigen ke seluruh tubuh, yang membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Satu cangkir lentils cukup untuk memenuhi 35 persen dari kebutuhan zat besi harian kamu, ditambah dengan kandungan protein dan serat di dalamnya untuk membantu pencernaan tubuh.

Daging tanpa lemak

Tubuh kita bekerja lebih keras saat mencerna protein dibandingkan dengan mencerna lemak atau karbohidrat. Mengonsumsi daging tanpa lemak seperti daging ayam dan turki membantu mempercepat metabolisme tubuh karena proses ini membutuhkan banyak energi.

Buah sitrus

Buat sitrus, seperti lemon dan jeruk bali merah, sangat baik untuk pencernaan. Buah ini rendah gula dan mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan gula darah setelah makan. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu tubuhmu membakar lemak lebih cepat.

Cabai

Makanan pedas mengandung bahan alami yang dapat memicu metabolisme tubuh. Capsaicin, komponen di dalam cabai yang menimbulkan rasa pedas, juga membantu tubuhmu membakar lebih banyak energi.

Kayu manis

Beberapa rempah memang diketahui dapat memicu metabolisme, tapi kayu manis juga dapat membantu mengendalikan keinginanmu mengonsumsi makanan manis, menyeimbangkan gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti hemp seeds dan flax seeds merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik. Keduanya dapat mengurangi inflamasi dan memperbaiki aliran darah ke otot agar metabolisme tubuh dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

 

Featured image: thezoereport.com

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *