20FIT .CO.ID


Kurangi Berat Badan dengan Trik Pola Makan Berikut Ini!

Kurangi Berat Badan dengan Trik Pola Makan Berikut Ini!
by

Ingin mengurangi berat badan bukan berarti kamu harus langsung menghilangkan menu makanan yang kamu suka atau melakukan rutinitas olahraga yang nggak kamu sukai. Kamu bisa mulai dengan mengubah pola makan secara perlahan. Raih pencapaian-pencapaian kecil supaya kamu bisa melakukan selebrasi atas setiap pencapaian yang berhasil diraih.

Berikut ini beberapa trik mengubah pola makan secara perlahan yang akan meringankan kamu dalam berdiet!

Banyak minum air putih

Biasakan untuk minum air putih minimal delapan gelas setiap hari. Selain bikin kamu terhidrasi dan lebih nggak gampang capek, air putih juga akan membuat perut kamu merasa lebih kenyang, karena terkadang orang suka salah mengira antara lapar atau hanya haus saja. Kamu bisa membuat minum air putih terasa lebih menyenangkan dengan membuat infused water. Celupkan potongan lemon, timun, atau daun mint ke dalam minumanmu. So fresh!

Sarapan sayuran hijau

Sayuran memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi serta rendah kalori. Dibandingkan hanya mengonsumsi karbohidrat saat pagi hari, coba deh tambahkan misalnya bayam cincang ke smoothies, yogurt, telur, atau oatmeal. Menu scramble egg dicampur sayur bayam juga selalu menimbulkan selera makan.

Konsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga

Pasca olahraga adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein, karena tubuhmu akan menggunakan karbohidrat sebagai energi dan protein untuk menjadi otot. Kamu bisa tambahkan pisang atau frozen mango ke dalam smoothies, misalnya.

Makan setiap tiga sampai lima jam

Jangan pernah melewatkan jam makan supaya kamu bisa mengatur nafsu makan, energi, hormon, dan metabolisme tubuh. Makan beberapa kali dalam porsi sedikit dan konsumsi snek sehat akan membantu tubuh meningkatkan laju metabolisme.

Buka makan malam dengan salad

Isi separuh piringmu dengan sayuran hijau. Menu sayuran yang segar lebih baik, karena itu kami merekomendasikan salad. Dengan demikian, kamu akan merasa sedikit lebih kenyang sebelum mulai mengonsumsi menu makanan lainnya.

Makan probiotik

Menurut International Journal of Food Science and Nutrition, mengonsumsi probiotik dapat membantu orang yang obesitas mengurangi berat badan. Jadi, mulailah konsumsi kombucha, Greek yogurt, atau kefir. Suka makanan Korea? Jangan lewatkan kimchi!

Rencanakan menu makan

Merencanakan menu makan pagi, siang, dan malam dan berarti kamu sudah menyiapkan makanan sehat selama beberapa hari atau bahkan seminggu. Dengan demikian kamu sudah tahu bahan makanan apa yang harus dibeli dan bisa berkomitmen untuk nggak membeli makanan dari luar.

Porsikan camilan kamu

Sering tanpa sadar menghabiskan satu kaleng camilan dalam sekali waktu? Coba deh untuk membaginya ke dalam plastik-plastik kecil supaya porsinya lebih tertata. Selanjutnya, perlahan ganti camilan kamu jadi lebih sehat ya, seperti kacang-kacangan yang nggak terlalu asin.

 

Sekarang kamu sudah siap berdiet kan? Let’s make healthy eating fun!

 

Featured image: https://www.danny.co.nz/

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *