20FIT .CO.ID


Cold-pressed Juice: Menyehatkan atau Hanya Tren?

Cold-pressed Juice: Menyehatkan atau Hanya Tren?
by

Kalau kamu seorang pencinta juice atau orang yang sangat concern dengan kesehatan, kamu pasti sudah mendengar hype tentang cold-pressed juice. Berbeda dari jus yang dibuat menggunakan blender atau yang dijual di supermarket, cold-pressed juice dibuat dengan menekan, atau menghancurkan, buah dan sayuran tanpa mengakibatkan gesekan panas yang terjadi apabila menggunakan blender. Karena itu, harga cold-pressed juice jauh lebih mahal dari jus biasa dan konon lebih sehat.

Apakah benar?

Menekan atau menghancurkan buah atau sayuran akan mengeluarkan cairan yang disebut jus, sementara kalau kita membuat jus menggunakan blender hal yang sama terjadi melalui proses ekstraksi pisau blender. Proses ekstraksi oleh pisau blender menciptakan panas ketika berputar yang dapat mengakibatkan hilangnya nutrisi pada makanan. Vitamin C dalam jus sangat sensitif terhadap cahaya dan panas. Karena itulah cold-pressed juice disebut-sebut lebih sehat.

Selain itu, cold-pressed juice biasanya dibuat murni dari buah dan sayuran, dan bebas gula ataupun pengawet. Berbeda dari jus yang dijual di supermarket, tentunya sudah diberikan tambahan gula dan pengawet agar lebih tahan lama.

Meskipun kandungan nutrisi cold-pressed juice lebih tinggi dari jus biasa, bukan berarti kita bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang sama dengan jika kita mengonsumsi buah dan sayuran secara langsung. Mengonsumsi buah dan sayuran segar berarti kita memakan bagian kulit, daging, dan terkadang biji. Jadi, kita mendapatkan semua nutrisi yang bermanfaat, termasuk serat. Tubuh kita nggak akan memperoleh kandungan serat dari mengonsumsi cold-pressed juice.

Menurut ahli nutrisi dan juru bicara Dietitians Association of Australia Kate Di Prima, serat dapat mengisi perut dan menjadi makanan bakteri probiotik baik di dalam usus. Sementara apabila kita meminum jus, kita nggak akan mendapatkan serat tersebut.

Selain itu, salah juga jika kita menganggap jus bebas kalori. Jadi, jangan minum jus berlebihan karena dapat meningkatkan asupan kalori dan gula dalam tubuh. Kurangi porsi makan apabila kamu mengombinasikan pola makan dengan minum jus.

Jadi, bukan berarti hanya dengan meminum jus maka kita akan mendapatkan kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh ya. Karena yang terpenting adalah memberlakukan pola makan sehat dan tetap lebih baik mengonsumsi langsung buah-buahan untuk mendapatkan seluruh manfaatnya.

Kalau kamu tetap ingin minum cold-pressed juice secara rutin tapi belum bisa mengeluarkan uang lebih, coba deh buat sendiri di rumah. Cukup membeli buah jeruk dan gunakan alat peras jeruk. Mudah, murah, dan enak!

 

Featured image: Paste Magazine

 

 

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *