20FIT .CO.ID


5 Makanan Sehat Rekomendasi Ahli Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

5 Makanan Sehat Rekomendasi Ahli Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari
by

Kita mungkin sering mendengar filosofi makanan yang cukup bertentangan. Sebagian ahli mengatakan tempe baik untuk kesehatan, sementara sebagian lainnya menyebutkan kalau mengonsumsi tempe secara rutin nggak bagus, apalagi untuk kaum perempuan. Ada lagi yang menyebutkan kalau buah-buahan harus menjadi bagian dari pola makan harian, tapi sebagian menentang karena kandungan gula di dalam buah.

Jadi, sebenarnya pernyataan mana yang benar? Tim editorial Byrdie.com sempat melakukan survey ke 17 ahli gizi dan dokter dari berbagai latar belakang untuk merekomendasikan makanan yang menurut mereka paling sehat, dan berikut kesimpulannya:

Blueberries

Nggak ada yang bisa memungkiri manfaat blueberries untuk tubuh. Buah mengandung 15 jenis fitonutrien yang semuanya merupakan antioksidan yang dapat melindungi seluruh sistem di dalam tubuh.

 

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kale juga makanan yang nggak bisa diperdebatkan para ahli gizi. Sayuran hijau rendah kalori dan penuh nutrisi. Para ahli gizi juga sangat menyukai kale karena mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Alpukat

Alpukat juga disebut sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah yang satu inin kaya akan vitamin K, C, B5, B6 dan mineral kunci. Alpukat juga mengandung lebih banyak potasium dibandingkan pisang dan tanpa kandungan gula. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat dan lemak tak jenuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein berbasis tanaman, kaya akan serat, dan dapat menurunkan kadar kolesterol darah, mengatur kadar gula darah, dan mengatur berat badan.

 

Bawang putih

Bawang putih sudah menjadi bagian dari bumbu masak sehari-hari dan ternyata juga sangat kaya nutrisi. Bawang putih baik untuk melawan virus, bakteri jahat, dan jamur, serta membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

 

Lemon

Tidak ada ahli gizi yang meragukan khasiat lemon. Selain mengandung vitamin dan mineral penting yang berkontribusi terhadap kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kita.

 

Chia seeds

Meskipun berukuran mungil, chia seeds juga termasuk salah satu superfood yang kaya omega 3 dan antioksidan untuk kesehatan tubuh. 40% kandungan chia seeds adalah serat yang sangat membantu kesehatan pencernaan kita. Taburkan chia seeds di sereal pagi atau campurkan saat membuat smoothie.

 

Kecambah

Kecambah mengandung nutrisi biokimia yang meningkatkan enzim anti kanker dalam tubuh. Sayuran satu ini merupakan makanan paling bernutrisi di bumi dan sangat mudah untuk ditanam karena nggak membutuhkan tempat banyak dan sinar matahari.

 

Quinoa

Quinoa adalah sumber protein lengkap yang mengandung keseluruhan dari sembilan asam amino esensial untuk tubuh. Di samping itu, quinoa juga mengandung magnesium, serat, mangan, riboflavin, dan vitamin B yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

 

Salmon liar

Salmon yang ditangkap di alam liar kaya akan asam lemak omega tiga dan rendah racun bila dibandingkan dengan salmon ternak. Omega tiga sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu meningkatkan kolesterol baik. Nggak hanya itu, omega tiga juga membantu mengurangi risiko depresi, kanker, dan fungsi kognitif.

 

Sekarang sudah tahu kan makanan apa yang harus kamu konsumsi setiap hari?

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *